|| Tentang Blog | Kontak Admin | Kebijakan Privasi | Disklaimer ||

PemProv Kalimantan Selatan Gelar Lomba Permainan Tradisional Balogo

KALIMANTAN SELATAN – Pemerintah Provinsi (PemProv) Kalimantan Selatan, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat, menggelar lomba permainan tradisional balogo pada hari Rabu (17/12). Lomba tersebut berlangsung di halaman kantor Gubernur Kalsel, Jalan Sudirman, Banjarmasin. Lomba yang diikuti oleh perwakilan dari 13 kabupaten dan kota se-provinsi Kalsel tersebut disaksikan ratusan penonton.

Salah seorang panitia dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalsel yang bernama Kaspul, mengatakan bahwa lomba tersebut digelar dalam kaitan memeriahkan festival pasar terapung sekaligus untuk membangkitkan lagi kebuadayaan rakyat berupa permainan. Selain itu juga sebagai upaya pelestarian budaya sekaligus sebagai atraksi wisata yang terus dipromosikan sebagai atraksi wisata tahunan.

Kaspul menambahkan, dalam lomba tersebut hanya menargetkan sebanyak 120 peserta. Namun ternyata jumlah peserta melebihi target dengan mencapai 192 peserta. Hal ini membuktikan bahwa animo masyarakat untuk mensukseskan lomba yang terbilang unik tersebut begitu luar biasa.

Sebagai catatan, balogo merupakan salah satu jenis permainan tradisional suku Banjar di Kalimantan Selatan. Permainan ini dilakukan oleh anak-anak sampai dengan remaja dan umumnya hanya dimainkan kaum pria.

Nama permainan balogo diambil dari kata logo, yaitu bermain dengan menggunakan alat logo. Logo terbuat dari bahan tempurung kelapa dengan ukuran garis tengah sekitar 5-7 cm dan tebal antara 1-2 cm dan kebanyakan dibuat berlapis dua yang direkatkan dengan bahan aspal atau dempul supaya berat dan kuat. Bentuk alat logo ini bermacam-macam, ada yang berbentuk bidawang (bulus), biuku (penyu), segitiga, bentuk layang-layang, daun dan bundar.

Dalam permainannya harus dibantu dengan sebuah alat yang disebut panapak atau kadang-kadang beberapa daerah ada yang menyebutnya dengan campa yakni stik atau alat pemukul yang panjangnya sekitar 40 cm dengan lebar 2 cm. Fungsi panapak atau campa ini adalah untuk mendorong logo agar bisa meluncur dan merobohkan logo pihak lawan yang dipasang saat bermain.

PemProv Kalimantan Selatan Gelar Lomba Permainan Tradisional Balogo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SIGIT DWI WINTONO

0 komentar:

Posting Komentar