|| Tentang Blog | Kontak Admin | Kebijakan Privasi | Disklaimer ||

Mengenalkan Permainan Tradisional pada Murid SD lewat Lomba

PONTIANAK – Beredarnya beragam permainan modern di pasaran saat ini membuat anak-anak lebih mengenal dan menyukai permainan modern ketimbang permainan tradisional. Selain itu, ruang untuk bermain anak yang luas juga hampir-hampir tidak tersedia. Karenanya, Balai Pelestarian Nilai Budaya Pontianak berinisiatif untuk menyelenggarakan kegiatan lomba permainan tradisional untuk anak tingkat Sekolah Dasar. Rangkaian kegiatan lomba permainan tradisional ini berlangsung dari tanggal 21 hingga 27 November 2014, bertempat di halaman Kantor Balai Pelestarian Nilai Budaya Pontianak.

Tujuan diadakannya kegiatan tersebut selain untuk menanamkan kecintaan anak-anak usia Sekolah Dasar terhadap budaya permainan tradisional Indonesia, juga untuk menanamkan nilai-nilai budaya daerah. Sehingga menjadi tidak heran bila Sekolah-Sekolah Dasar di wilayah sekitar Kota Pontianak dan Kubu Raya cukup antusias untuk mengikuti dan mengirimkan peserta dalam kegiatan ini.

Ada dua jenis permainan tradisional yang diperlombakan dalam kegiatan lomba tersebut. Permainan galah hadang atau yang biasa dikenal dengan galah kepung, galasin, gobag sodor dan jenis permainan terompah panjang atau bakiak. Dua jenis permainan tradisional ini dipilih karena dilakukan secara berkelompok. Sehingga dengan permainan ini diharapkan bisa membangkitkan semangat kebersamaan, kekompakkan dan juga saling kerjasama, serta tentunya adalah semangat untuk mampu bersaing secara sehat dan adil sejak usia Sekolah Dasar.

Referensi: http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/

Mengenalkan Permainan Tradisional pada Murid SD lewat Lomba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SIGIT DWI WINTONO

1 komentar:


  1. Thank you for the information
    http://yvc-i-gc012.blogspot.co.id/

    BalasHapus