|| Tentang Blog | Kontak Admin | Kebijakan Privasi | Disklaimer ||

Permainan Yeye

Jika sebelumnya telah dibahas mengenai permainan Main Tiga, maka dalam postingan berikut ini blog Kabar Permainan akan membahas mengenai permainan Ye-Ye:
  1. Deskripsi Singkat
    Permainan ini berasal dari Provinsi Jambi. Dinamakan Ye-Ye karena seseorang atau suatu regu memperoleh kemenangan maka regu atau pemain yang menang itu bersorak-sorak dengan yel-yel “ye – ye - ye - ye – ye – ye” sebagai kata-kata cemoohan terhadap yang kalah.
  2.  
  3. Pemain
    Pemain biasanya dilakukan oleh anak perempuan. Untuk jumlah pemain antara 3 sampai 7 anak.
  4.  
  5. Iringan Permainan
    Tidak diperlukan iringan apapun dalam permainan ini.
  6.  
  7. Persiapan
    Dalam permainan ini yang perlu dipersiapkan adalah beberapa karet yang dipersambungkan atau dijalin sedemikian rupa seperti rantai dengan panjang kira-kira 3 meter. Untuk tempat bermain bisa dilakukan di halaman sekolah atau halaman rumah.
  8.  
  9. Aturan Permainan
    Beberapa peraturan dalam permainan Ye-Ye ini adalah :
    • Pemain hanya diberi dua kesempatan untuk melompat di satu tahap. Apabila gagal, maka diganti pemain lain.
    • Di tahap pertama sampai ketiga saat melompat, tubuh tidak boleh mengenai karet. Bila kena maka dianggap gagal.
  10.  
  11. Jalannya Permainan
    Setelah karetnya siap, maka diadakan hompimpah untuk menentukan siapa yang main duluan. Misalkan dalam contoh ini ada 3 pemain yaitu: A, B, dan C. Setelah diadakan hompimpah ternyata yang menang adalah A, maka A berhak menjadi pemain pertama, dilanjutkan B dan C. Pemain B dan C bertugas untuk membentangkan karet dengan berdiri berhadap-hadapan dalam jarak kira-kira 3 meter.
    Tahap pertama karet tersebut harus dibentangkan di bawah lutut, tahap kedua setinggi dengan lutut, tahap ketiga di dada, tahap keempat sejajar dengan telinga atau mata, tahap kelima sekepala, tahap keenam sekilan diatas kepala, dan tahap ketujuh (terakhir) bersikap bebas di atas kepala.
    Si A sebagai pemain pertama harus melompati karet yang dibentangkan tadi tahap demi tahap. Kalau dia gagal maka permainan pindah tangan ke pemain berikutnya yaitu B. tapi seandainya A berhasil melompati tahap pertama, maka ia harus meneruskan tahap berikutnya. Jika B gagal, permainan diteruskan oleh C. Jika C selaku pemain terakhir gagal, maka permainan kembali ke A. Pemain A akan melangsungkan permainan kembali mulai dari di tahap mana dia gagal tadi. Demikianlah permainan berlangsung memakan waktu yang lama, namun mengasyikkan.
    Yang keluar sebagai pemenang adalah pemain yang berhasil terlebih dahulu melompati tahap pertama samapi terakhir. Yang menang inilah yang biasa menyoraki pemain yang kalah dengan yel-yel “ye – ye – ye – ye – ye – ye”. Sorakan ini mempunyai tujuan positif untuk menyemangati pemain yang kalah tadi agar lebih semangat lagi dalam latihan melompat.
  12.  
  13. Manfaat
    Manfaat yang bisa didapatkan dari permainan Ye-Ye diantaranya adalah :
    • Meningkatkan ketrampilan anak dalam melompat.
    • Menambah rasa pertemanan.
    • Belajar untuk jangan mudah putus asa.
    • Sebagai sarana hiburan yang menyehatkan.
Demikianlah pembahasan mengenai permainan Ye-Ye. Selanjutnya blog Kabar Permainan akan membahas mengenai permainan Cublak-Cublak Suweng.

Permainan Yeye Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SIGIT DWI WINTONO

0 komentar:

Posting Komentar