|| Tentang Blog | Kontak Admin | Kebijakan Privasi | Disklaimer ||

Psikolog: Permainan Tradisional bisa Meningkatkan Kebersamaan dalam Keluarga

JAKARTA - Pada Mei 2014, Oreo Indonesia pernah mengadakan penelitian seputar kebersamaan keluarga dengan responden sebanyak 500 ibu yang bertempat tinggal di Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan sekitar 98% responden mengatakan bahwa kebersamaan keluarga itu hal yang sangat penting. Namun, penelitian tersebut juga menunjukkan hanya 40% yang melakukan tindakan proaktif atau inisiatif untuk mengumpulkan keluarganya dalam satu aktivitas bersama.

Psikolog Anak, Efnie Indiranie mengatakan bahwa sebenarnya banyak cara mudah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas komunikasi dan waktu dengan keluarga saat di rumah. Salah satu caranya adalah dengan bermain permainan tradisional yang dimainkan secara berkelompok di halaman rumah. Hal tersebut disampaikan Efnie dalam acara talkshow "Ibu Bekerja, Keluarga Tetap Nomor Satu", yang digelar di Jakarta pada Kamis (20/11).

Menurutnya, banyak permainan tradisional yang dimainkan secara berkelompok yang bisa mengaktifasi kreativitas anak dan sekaligus juga menciptakan kebersamaan dengan keluarga. Selain itu, bermain secara berkelompok juga bisa membentuk self competence anak yang akan sangat bermanfaat untuk masa depannya. Dan permainan berkelompok tersebut sudah bisa diterapkan sejak usia empat tahun.

Lebih lanjut, Efnie mengatakan jika ibu merasa tidak bisa mengimbangi energi anak atau kelelahan saat melakukan permainan tradisional dengan anak, maka ibu tidak perlu ikut terjun dalam permainan. Solusi terbaiknya yaitu ibu bisa menjadi inisiator atau dewan juri. Dan untuk meramaikan suasana, maka penghargaan atau hadiah kecil bias diberikan kepada yang memenangkan permainan.

Referensi: http://www.beritasatu.com/

Psikolog: Permainan Tradisional bisa Meningkatkan Kebersamaan dalam Keluarga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SIGIT DWI WINTONO

0 komentar:

Posting Komentar