|| Tentang Blog | Kontak Admin | Kebijakan Privasi | Disklaimer ||

Permainan Serambeng

Jika sebelumnya telah dibahas mengenai permainan Sesurungan, maka dalam postingan berikut ini blog Kabar Permainan akan membahas mengenai permainan Serambeng:
  1. Deskripsi Singkat
    Permainan Serambeng berasal dari daerah Kalimantan. Nama Serambeng diambil dari kata berambeng. Berambeng artinya adalah berjejer. Serambeng artinya bermain dengan jejeran biji getah di atas garis bujur sangkar.
  2.  
  3. Pemain
    Jumlah pemain dalam permainan ini minimal dua orang dan maksimal tidak terbatas. Bisa dimainkan oleh anak laki-laki maupun perempuan.
  4.  
  5. Iringan Permainan
    Dalam bermain Serambeng ini tidak diperlukan iringan, baik yang berupa lagu atau suara musik apapun juga.
  6.  
  7. Persiapan
    Yang perlu dipersiapkan dalam permainan ini adalah setiap pemain diharuskan membawa biji-bijian. Setelah itu dibuat lapangan permainan yang berbentuk bujur sangkar. Kemudian diberi garis-garis silang yang membagi bujur sangkar itu menjadi sembilan titik. Dan pada titik-titik itulah diletakkan biji masing-masing pemain. Panjang sisinya kira-kira 20 cm. dari bujur sangkar itu dibuat garis jarak lemparan atau daerah permainan yang jauhnya kira-kira 10 langkah dari daerah sasaran (bujur sangkar) itu.
  8.  
  9. Aturan Permainan
    Beberapa peraturan dalam permainan Serambeng ini adalah :
    • Waktu lemparan pertama, dari garis jarak lemparan tangan harus diayun dari bawah, baru melepaskan kebotnya (biji yang digunakan untuk menembak).
    • Lemparan utama ini berlaku sebagai undian permainan. Yang paling jauh jaraknya dari garis tepi bujur sangkar itulah yang mula-mula membidik/menembak, kemudian berurutan menurut jaraknya dari garis tepi bujur sangkar itu. dan yang paling akhir ialah yang paling dekat dengan garis tepi bujur sangkar itu.
    • Pada saat bermain berikutnya harus diketek (biji dipegang pada tangan kiri dengan tiga jari yakni ibu jari, telunjuk dan jari tengah, baru diketek dengan jari tengah tangan kanan, yang sebelumnya dilekatkan pada ibu jari).
    • Kalau jaraknya terlalu jauh dan tidak mungkin untuk kena sasaran, maka ia boleh menyambung dengan serambeng. Kalau pada waktu serambeng ini ada pasangan yang kena tidak boleh dimakan, harus diletakkan kembali pada tempat semula. Tetapi apabila kebotnya masuk ke dalam bujur sangkar, maka ia mati dan tidak boleh main lagi sampai selesai, kecuali pasangan baru.
    • Bila waktu mengetek biji-bijian yang keluar dari bujur sangkar itu dimakan, sedangkan yang termasuk ke dalam tidak boleh dimakan.
    • Bila kebotnya masuk ke dalam bujur sangkar, mati. Mati tidak boleh bermain lagi, sudah dianggap kalah kecuali pasangan baru.
    • Undian dalam permainan ini bisa dilakukan dengan cara hompimpah.
  10.  
  11. Jalannya Permainan
    Setelah lapangan permainan selesai dan undian sudah diadakan maka mulailah permainan. Setiap pemain meletakkan pasangan pada titik-titik silang bujur sangkar itu. pasangan setiap pemain sama, misalnya dua-dua, tiga-tiga atau empat-empat. Caranya ialah pemain pertama mengetek ke sasaran (pasangan pada bujur sangkar itu). Bila ada yang kena dan keluar dari garis maka ia hidup dan ia mengambil semua biji-biji yang keluar itu (dinamai makan). Dan ia dapat melanjutkan permainan berikutnya sampai mati.
    Dikatakan mati bila sasaran tidak kena atau sasaran kena tetapi tidak keluar. Maka pemain dengan nomor undian berikutnya melanjutkan permainan itu dengan cara yang sama. Demikian seterusnya sampai giliran para pemain selesai. Apabila para pemain sudah mendapatkan giliran, sedangkan pasangan pada bujur sangkar itu masih ada maka permainan diteruskan mulai dari giliran pertama sampai giliran-giliran berikutnya, hingga semua pasangan itu habis semua.
    Atau ada pula cara lain, apabila semua pemain sudah mendapat giliran, sedangkan pasangan yang tinggal masih ada permainan dihentikan dan pasangan ditambah lagi, boleh menyimpang dari pasangan semula. Misalnya pasangan semula tiga-tiga maka tambahan boleh dua-dua atau tiga-tiga dan seterusnya. Kemudian permainan diulang mulai dari permulaan yakni mulai dari undian.
    Pemain yang dinyatakan pemenangnya adalah pemain yang paling banyak makan. Sedangkan pemain yang kalah adalah pemain yang sudah habis biji-bijiannya. Jadi pemenanglah yang banyak mengumpulkan biji-bijian kawannya.
  12.  
  13. Manfaat
    Dari permainan Serambeng ini bisa mendatangkan manfaat sebagai berikut:
    • Melatih ketrampilan anak dalam menembak.
    • Meningkatkan rasa persaudaraan.
    • Sarana hiburan yang menyenangkan.
Demikianlah pembahasan mengenai permainan Serambeng. Selanjutnya blog Kabar Penelitian akan membahas mengenai permainan Belepuk.

Permainan Serambeng Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SIGIT DWI WINTONO

0 komentar:

Posting Komentar